3 Cara Jitu Supaya Cepat Paham Saat Membaca

3 Cara Jitu Supaya Cepat Paham Saat Membaca - Hallo sahabat Pendidikan Gratis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Cara Jitu Supaya Cepat Paham Saat Membaca, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips dan Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 3 Cara Jitu Supaya Cepat Paham Saat Membaca
link : 3 Cara Jitu Supaya Cepat Paham Saat Membaca

Baca juga


3 Cara Jitu Supaya Cepat Paham Saat Membaca

Tips Membaca supaya Cepat Paham - Bagi sebagian besar orang, membaca memang menjadi hal yang paling malas untuk dilakukan. Rangkaian kalimat dalam buku terkadang menjadi benang kusut yang sulit diuraikan dalam pikiran. Perlu waktu berulang kali sebelum akhirnya mengerti maksud dari bacaan yang dibaca, terlebih ketika bacaan itu mengandung banyak kata ilmiah. Tidak jarang, karena saking sulitnya mengerti bahan bacaan, mata kita akan mudah mengantuk dengan sendirinya. Hal inilah yang menjadikan bahan bacaan seperti buku lebih digemari sebagai pengantar tidur daripada dijadikan sebagai bahan menambah pengetahuan.

Tips Membaca Supaya Cepat Paham

Namun lain ceritanya ketika musim ujian tiba. Meskipun menjadi musuh, membaca harus tetap dilakukan agar dapat lulus ujian. Mau tidak mau, kita harus berkonsentrasi penuh agar mudah memahami apa yang dibaca. Nah, berikut ini ada tiga tips jitu yang bisa bikin kamu paham dengan isi bacaan tanpa perlu berulang kali mmebca.


1. Line by Line

Tips ini menggunakan teknik membaca secara berurutan dari baris awal sampai akhir. Biasanya digunakan untuk membaca bacaan yang sifatnya padat, mengandung banyak istilah asing dan bahan bacaan yang baru dibaca.

2. Melingkar

Tips ini menggunakan cara membaca dengan mencari kata kunci. Bacaan dibaca secara acak untuk meudian ditemukan kata kunci dari bacaan itu. Jadi, hanya memahami inti bacaan saja. Tips ini digunakan untuk membaca koran, majalah, portal berita online.
Baca Juga:  Menentukan Sikap dan Gaya Menulis

3. Spiral

Tips membaca ini digunakan untuk membaca secara zig-zag atau spiral, sehingga tidak membaca seluruh bagian. Kalimat yang terbaca tidak akan tersambung sempurna, sehingga dibutuhkan kreatifitas untuk menyimpulkan sendiri informasi yang dibaca.
Selain tips diatas, faktor suasana saat membaca sebenarnya juga mendukung konsentrasi untuk memahami isi bacaan. Pilihlah tempat yang cukup cahaya, sejuk, bersih, dan jika perlu ditambah dengan iringan musik. Posisi tubuhmu juga sangat menentukan. Pastikan jarak anatara buku dan mata sekitar 30 cm dan duduklah dengan tegak. Selain itu, rajinlah untuk terus membaca, karena dengan begitu kamu akan mudah mengerti isi bacaan dengan sendirinya. Yuk, budayakan membaca !


Demikianlah Artikel 3 Cara Jitu Supaya Cepat Paham Saat Membaca

Sekianlah artikel 3 Cara Jitu Supaya Cepat Paham Saat Membaca kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 Cara Jitu Supaya Cepat Paham Saat Membaca dengan alamat link https://pendidikangratisindonesia.blogspot.com/2016/05/3-cara-jitu-supaya-cepat-paham-saat.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "3 Cara Jitu Supaya Cepat Paham Saat Membaca"

Post a Comment