Konsep Full Day School Ala Mendikbud

Konsep Full Day School Ala Mendikbud - Hallo sahabat Pendidikan Gratis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Konsep Full Day School Ala Mendikbud, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Konsep Full Day School Ala Mendikbud
link : Konsep Full Day School Ala Mendikbud

Baca juga


Konsep Full Day School Ala Mendikbud

Full Day School Mendikbud - Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang baru memulai gebrakan di awal masa jabatannya. Prof. Dr. Muhadjir Effendy telah menggagas sistem "full day school" sebagai salah satu program dalam 100 hari pertama kepemimpinannya. Sistem tersebut akan diterapkan di jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP), baik swasta maupun negeri. 
Konsep Full Day School Ala Mendikbud
Konsep Full Day School Mendikbud
"Dengan sistem full day school ini, secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi 'liar' di luar sekolah ketika orangtua mereka masih belum pulang dari kerja," jelas Mendikbud.
Tujuan sistem tersebut adalah agar anak tidak sendiri dirumah ketika orangtua masih bekerja. Jika anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan mengaji sampai dijemput orangtuanya usai jam kerja. Tidak menutup kemungkinan anak-anak juga bisa pulang bersama-sama dengan orangtua. 

Tambahan pelajaran mengaji menurut Mendikbud bisa saja turut melibatkan guru mengaji dari luar sekolah. Namun dengan catatan mempunyai latar belakang yang jelas sehingga terhindar dari ajaran Islam yang menyimpang. Hal itu untuk menghindari anak-anak terjerat aliran sesat yang kini kian marak beredar.
Program full day school masih terus disosialisasikan. Mulai dari sekolah yang ada di pusat kota sampai daerah terpencil akan mendapatkan penjelasan terkait sistem ini. Selain itu, menurut mendikbud, setelah sosialisasi intensif dilakukan, nantinya akan ada payung hukumnya, yakni Peraturan Menteri (Permen).
Mendikbud menjelaskan, konsep full day school bukan berarti siswa belajar sepenuhnya di sekolah. Namun, siswa dapat mengikuti kegiatan menarik lain, seperti ekstrakurikuler.
Mendikbud menambahkan, konsep full day school saat ini masih dalam pengkajian lebih mendalam. Pihaknya juga akan mempertimbangkan beragam masukan dari masyarakat sebelum menerapkannya di seluruh sekolah.
"Kami akan mengkaji masukan-masukan dari masyarakat, termasuk kondisi sosial dan geografis yang memungkinkan sistem belajar tersebut diterapkan. Misalnya, di daerah mana saja yang orangtuanya sibuk, sehingga tidak punya banyak waktu di rumah," sebutnya.

Konsep full day school, imbuh dia, diterapkan dengan proses pembelajaran formal setengah hari, kemudian di jam berikutnya dapat diisi dengan ekstrakurikuler. Dengan full day school, siswa juga akan libur pada Sabtu dan Minggu sehingga mereka dapat menghabiskan waktu bersama keluarga.
"Para orangtua setelah pulang kerja dapat menjemput buah hati mereka di sekolah. Orangtua dapat merasa aman, karena anak-anak mereka tetap berada di bawah bimbingan guru selama mereka di tempat kerja. Dengan demikian peserta didik dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif dan kontra produktif, seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, dan sebagainya," pungkasnya.
Bagaimana, apakah kamu setuju dengan konsep full day school yang ditawarkan oleh mendikbud?


Demikianlah Artikel Konsep Full Day School Ala Mendikbud

Sekianlah artikel Konsep Full Day School Ala Mendikbud kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Konsep Full Day School Ala Mendikbud dengan alamat link https://pendidikangratisindonesia.blogspot.com/2016/08/konsep-full-day-school-ala-mendikbud.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Konsep Full Day School Ala Mendikbud"

Post a Comment